Kamis, 15 Agustus 2013

cara menyetel kaburator mobil yang baik dan benar




                                   
Berikut adalah cara-cara menyetel kaburator mobil yang baik dan benar:
  • Cara menyetel kaburator mobil yang pertama adalah dengan cara mengendurkan sekrup idle tetapi AC  mobil tetap dihidupkan. Anda dapat menghentikan penyetelan kaburator jika  sekrup tersebut tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin mobil yang sedang dinyalakan.
  • Step kedua dalam meyetel kaburator mobil adalah dengan mengatur sekrup RPM mesin yang diturunkan secara terus menerus hingga 500 atau sampai mesin hampir mati.
  • Kemudian Anda mulai dengan sekrup idle yang di setting dengan cara mencampurkan udara dengan bensin/ bahan bakar.
  • Step berikutnya adalah dengan memutar sekrup ke arah kiri hingga hampir mati dan putar balik  sekrup ke arah kanan hingga hampir mati juga.
  • Sekrup diputar kembali untuk mendapatkan RPM tertinggi. Dengan cara demikian Anda akan mendapatkan campuran bensin dan udara yang sesuai dan terbaik bagi mobil tua Anda.
  • Jika sudah menemukan campuran yang terbaik, kemudian settinglah sekrup hingga RPM 700, 800, 900, atau besarnya RPM yang Anda inginkan untuk mendapatkan campuran yang sesuai dan pas untuk kaburator mobil lawas Anda.
  • Jika semua RPM sudah berhasil disetting, sekarang saatnya menyetel sekrup idle  up AC. Caranya adalah dengan menghidupkan AC kemudian amati RPM mobil Anda. Ketika AC mobil sudah dinyalakan, Anda akan melihat bahwa RPM mobil sudah turun atau berkurang bahkan kembali ke skala semula. Jika sudah demikian,  setel atau setting sekrup idle up hingga mencapai RPM 900 sampai 1000.
  • Step yang terakhir adalah melihat RPM yang sudah Anda setel. Caranya,  matikan AC mobil Anda  dan amati apakah RPM idle sudah sesuai dengan RPM yang diinginkan.
Dalam hal menyeting ulang kaburator mobil, Anda akan menjumpai tiga macam sekrup yang terpasang di kaburator. Tiga macam sekrup tersebut mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kinerja mesin dan bahan bakar agar lebih optimal. Mesin mobil akan bekerja secara optimal jika kaburator mobilnya pun baik.

Tidak ada komentar: